Instalasi PNET LAB dan Remote Server

Instalasi PNET LAB dan
Remote Server

Remote server adalah server yang bisa diakses dari jarak jauh, jadi meskipun pengguna tidak berada di jaringan LAN yang sama, tetapi tetap bisa masuk ke sistem server tersebut

Bahan -  bahan

  • PNET LAB
  • VMWERE
  • PuTTY

Langkah - Langkah

  1. Langkah pertama adalah buka PNET.ova dengan VMwere Plyer. Caranya pertama - tama cari file PNET.ova nya lalu double klik pada filenya, lalu pilih Open with dan VMwere Player.

  2. Setelah itu tunggu sebertar sampai muncul tampilan seperti gambar di bawah dan isi pada bagian Name for the new virtual machine disini saya menamainya munif dan untuk Storage path for the new virtual machine saya biarkan default, setelah itu import.


  3. Virtual Machine Setting. sebelum melanjutkan pemasangan matikan terlebih dahulu virtual machine-nya, setelah itu pilih Ecit virtual machine setting seperti pada gambah di bawah, dan pada Virtual Machine Setting yang akan dilakukan ada 3(tiga) yaitu:
    1). Menghapus Network Adapter NAT
    Caranya klik pada Network Adapter NAT dan liat ke layar paling bawah bagian tengan lalu klik Remove.

    2). Mengganti Bridge Setting

    Pada Network Adapter 2 pilih Configure Adapter, pilih salah satu saja yang digunakan untuk sumber internet saja biasanya ada tulisan wirelessnya.

    3). Processors

    Pada processors ini kita hanya perlu melakukan pada Virtualization engine dan ceklik pada Virtualize Inter VT-x.EPT or AMD-V/RV. 
  4. Jalanjan Virtual Machine.Klik pada lambah segitiga berwarna hijau seperti pada gambar di bawah ini atau klik Play Virtual Machine.



  5. Login pnetlab. Jika virtual machine sudah dijalankan kita akan disuruh memasukkan pnetlab login disini ketikkan root dan Password masukkan pnet.


  6. Setelah login kita akan dihidangkan dengan beberapa pertanyaan yang yang pertama adalah Root Password. Saat mengisi root password teks yang kita ketik tidak akan ditampilkan. Di bawah ini ada 2(dua) gambar untuk yang disebelah kiri kita diperintahkan untuk mengulangi password yang telah kita ketik sebelumnya. (Selalu klik ok untuk menyimpan aksi).


  7. DNS domain name. Masukkan kata apa saja di bagian ini dan pastikan diakhiri dengan .net dan sebagainya.


  8. Use DHPC/Static IP Address. Di sini saya memilih dhcp agar otomatis.

  9. Kosongkan pada NTP server.


  10. Pilih direct connection untuk Proxy Server configuration.


  11. Setelah selesai mengatur kita akan login menggunakan root, tetapi menggunakan password yang telah kita masukkan sebelumnya.


  12. Di bawah ini adalah tampilan jika berhasil login.

Langkah - langkah Meremot Server

Sebelum meremot kita memerlukan server untuk diremot karena itu kita akan membuat topology sederhana, menggunakan PNETLab.
  1. Pertama - tama pergi web browser. disini saya menggunakan web browser google chrome, lalu ketikan ip yang kita dapatkan sebelumnya (pada langkah instalasi pnet lab nomer 11), dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu kita pilih Offline mode.


  2. Jika kita login menggunakan offline mode maka akan ada tampilan seperti ini dan untuk username adalah admin dan passwrod adalah pnet, jangan lupa masukkan captcha dan jangan sampai salah, lalu login.


  3. Dibawah ini adalah tampilan setelah kita berhasil login.


  4. Setelah itu langsung pergi saja ke device, untuk mendownload device baru.

  5. Device yang akan kita unduh disini adalah Ubuntu Server 20.04, karena kita akan membuat server unutuk diremote. Untuk mendapatkannya atau mengunduhnya klik Get Device.


  6. Jika device sudah terunduh maka tulisan New Device akn berubah menjadi Added to PNET. jika sudah maka langsung pergi saja ke Main untuk membuat server.


  7. Pada Main Menu pilih Add new lab seperti pada gambar di bawah ini.

  8. Dan disini yang akan kita ubah hanya namnaya, atau dibiarkan default juga tidak apa - apa. Jika sudah untuk menambahkan lab klik Add pada pokok kanan bawah layar.

  9. Setelah lab ditambahkan kita akan langsung masuk ke lab tersebut. mulai dari sini kita akan membuat topology, untuk menambahkan sebuah objek klik kanan pada bagian yang kosong lalu pilih Node.


  10. Saya ingin menambahkan Server maka saya memilih Docker.io.

  11. Pada settingan server dibawah ini ada beberapa yang saya ubah dan tambahkan.
    - Name > Server_Munif
    - Ethernet > 3
    - Eth1 Static IP > 192.168.43.122/24
    - Eth2 Static IP > 122.122.122.1/24
    - Default Route > 192.168.43.1
    - DNS > 8.8.8.8
    - Primary Console > SSH
    - Secpndary Console > Telnet


  12. Setelah menambahkan server kita akan menambahkan VPC. Langkah pertamanya sama degan membuat server klik kanan pada bagian yang kosong lalu pilh Node dan pilih Virtual PC (VPCS).

  13. Dan yang perlu diubah disini hanyalah pada bagian Number of nodes to add, dan itu optional. jika kita hanya ingin menambahkan 1(Satu) VPC maka tidak usah dibuah dan langsung Save saja, tetapi disini saya ingin menambahkan VPC lebih dari 1(satu) maka saya mengubahnya dengan angka nomor 2. Jika sudah langsung Save saja untuk menambahkan VPC tersebut.

  14. Menambahkan Switch. Tidak seberti menambahan VPC dan Server disini kita memilih Newtwork.

  15. Disini saya mengubah namanay menjadi Switch dan Typenya bridge lalu untuk icon kita harus mengubahnya menjadi Switch.
  16. Dan kita juga akan menambahkan Could untuk internet. saat membuat could ini hanya Type yang saya ubah menjadi Management(Could0).
  17. Gambar di bawah ini adalah hasil setelah semua objek yang telah kita tambahkan dan dihubungkan. Untuk menyalakan Server dan VPC arahkan cursor pada objek lalu akan muncul lambah segitiga atau Start, jika kita klik start maka objek akan menyala dan lambah kotak berwarna merah akan berubah menjadi segitiga berwarna hijau.

  18. Masuk ke tahap meremot Server.
    - Pertama - tama saya akan meremot server menggunakan PuTTY. untuk melakukannya klik pada server, lalu akan ada pop up muncul, pada pop up jangan pilih cancle pilih yang satunya lagi, dan PuTTY akan terbuka dengan sendirinya.
    - Pada PuTTY login dengan admin dan password admin
    - Jika login berhasil langsung ke root agar lebih leluasa. Caranya ketikan sintaks sudo -i lalu masukkan passwordnya admin.
    - Setelah itu kita akan mengecek ip pada eth1 pada server yang kita arahkan ser could.

  19. Setelah berhasil meremot menggunakan PuTTY,  selanjutnya kita akan meremot menggunakan CMD. Untuk meremot menggunakan CMD tentu kita harus membuka aplikasi CMD terlebih dahulu, setelah itu ketikan sintaks ssh admin@ip pada eht1 server yang telah kita buat. lalu jika kita didajikan dengan tulisan (yes/no/fingerprint). maka pilih yes jika tidak seperti pada gambah di bawa langsung lasukkan passwornya yaitu admin, dan jika berhasil maka kita akan menjadi admin@Sever seperti teks berwarna hijau pada gambar di bawah.

  20. Selain menggunakan CMD dan PuTTY kita jika bisa menggunakan telnet. Caranya sebelum menggunakan telnet pastikan kita sudah apt update dan apt install telnetd.

  21. Setelah itu untuk ke telnet ketikan telnet ip server dan login dan password nya admin.

Sekin dari saya termia kasih atas waktunya dan mohon maaf bila ada salah kata dan informasi

Komentar